Cara Mengetahui IP Adress

Sekian lama ane gak ngeposting “sesuatu” kali ini ane pengen ngeposting tentang Cara Mengetahui IP Adress
Apa itu IP Adress? IP Adress adalah
“sekelompok bilangan desimal / binner yang disukukan menjadi 4, w.x.y.z .Bilangan ini nantinya sebagi identitas setiap perangkat jaringan dan setiap perangkat tidak boleh menggunakan nomor IP yang sama. “
Cara mengetahui IP adress:
    1. Buka comand prompt. comand promp dapat dibuka dengan cara:
      - klik start menu > all programs > accesories > Comand Prompt
      - tekan win (sebelah ctrl) +R >  Cmd
    2. Tulis IPconfig
    3. Cari deret IP adress
Cukup sekian yang bisa saya sampaikan (wow bahasanya sok formal). dan sampai jumpa.
UPDATE!!!!!!

Ubuntu Linux dan keluarganya
  • Buka aplikasi terminal window.
    Cara Mengetahui IP Address Komputer Melalui Terminal Image
  • Ketik ifconfig kemudian tekan tombol Enter.
    Cara Mengetahui IP Address Komputer Melalui Terminal Image
  • Selesai, IP address di system Linux juga bisa dilihat.
Penjelasan Singkat
  • IP (Internet Protocol) Address adalah deretan angka yang dipakai sebagai identifikasi komputer yang terhubung dengan jaringan (termasuk jaringan internet). Panjang angka ini adalah 32-bit untuk IPv4 (IP versi 4) dan 128-bit untuk IPv6 (IP versi 6).
  • Subnet Mask adalah pengelompokan jaringan yang membedakan ID jaringan yang menunjukkan letak dari suatu sistem-keluarga-jaringan, apakah berada di jaringan lokal atau di jaringan luar (jaringan terluar adalah jaringan internet itu sendiri).
  • Gateway adalah sebuah perangkat yang digunakan untuk menghubungkan satu jaringan komputer dengan jarigan yang lain dengan alokasi protokol yang berbeda. Bisa dikatakan, perangkat ini adalah jembatan yang menghubungkan jaringan lokal dengan jaringan luar yang lebih besar. Sebagai contoh, lingkungan jaringan HotSpot (lokal) terhubung dengan internet (jaringan luar yang lebih besar).
  • DNS (Domain Name System) adalah sebuah system yang menyimpan informasi tentang nama domain dari sebuah website atau domain yang berada di lingkungan jaringan, bisa jaringan lokal maupun jaringan luar. DNS merupakan faktor yang penting di internet karena menyediakan mengalamatkan IP Address dari sebuah nama domain.

Share this:

ABOUT THE AUTHOR

0 komentar :

Posting Komentar